Rabu, 09 Maret 2016

Gerhana Matahari 2016


Assalamualaikum

Hari ini adalah hari bersejarah bagi orang yang menyukai astronomi karena hari ini terjadi gerhana matahari di Indonesia. Di beberapa daerah di Indonesia Gerhana Matahari nya total, kalau di tempat aku cuma partial sekitar 80% jadi gak sempat terasa gelap.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Cara melihat Gerhana tidak boleh menggunakan mata telanjang karena dapat merusak mata. Harus menggunakan teleskop atau kaca mata filter matahari atau proyeksi lubang jarum. Dan aku gakpunya teleskop serta gak sempat membuat alat-alat untuk itu jadi aku menggunakan X-Ray Film. Kertasnya kan gelap jadi bisa melindungi mata. Alhamdulillah terlihat :)










Selama 21 tahun aku hidup, ini adalah pertama kalinya aku melihat Gerhana Matahari. What about you?

Setelah melihat Gerhana Matahari umat Islam di sunnah kan untuk sholat Gerhana. Aku juga sholat, tapi dirumah gak berjama'ah di Masjid. When i saw the Solar Eclipse i just wanna say subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar

Thanks udah baca entry ini
See yaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar